Jumat, 19 April 2013

KOMPONEN MESIN PENDINGIN YANG DI ALIRI BAHAN PENDINGIN

Komponen utama pada mesin pendingin yaitu bagian yang di aliri bahan pendingin terdiri dari:
1. Kompresor
2. Kondensor
3. Pengering atau saringan
4. Evaporator
5. Akumulator
6. Pipa kapiler

1. Kompresor
Kompresor adalah bagian terpenting dari mesin pendingin.Pada tubuh manusia kompresor dapat diumpamakan sebagai jatung yang memompa darah keseluruh tubuh kita.Sedangkan kompresor menekan bahan pendingin kesemua bagian system.

Kegunaan kompresor pada system refigerasi:
a. Meneurunkan tekanan didalam evaporator sehingga bahan pendingin cair di evaporator dapat menguap pada suhu yang lebih rendah dan menyerap panas lebih banyak dari ruang di dekat evaporator.
b. Mengisap bahan pendingin gas dari evaporator lalu memampatkan gas tersebut sehingga menjadi gas suhu tinggi.Kemudian mengalirkanya kekondensor

Kompresor yang banyak dipakai di sistem pendingin ada 2 macam:
a. kompresor torak (reciprocating)
Kompresor ini yang paling banya di pakai sampai saat ini.Terutama dipakai dengan bahan pendingin yang yang memerlukan pergerakan torak (piston displacement) yang kecil dan mengembun pada suhu tinggi.
b. Kompesor rotary(rotary)
Mekanik dari kompresor rotari tidak menggunakan piston tetapi menggunakan roller yang berputar pada ujung poros rotor yang tidak sepusat(eksentrik).Perputaran roller ini digunakan menekan daun pisau daun piau ini bergerak maju mundur mengikuti roller selama roller berputar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar